RuangOto.com – Nissan Motor Indonesia belum lama ini baru saja meluncurkan Nissan Kicks e-POWER. SUV kompak Hybrid ini diusung bukan hanya saja dengan tampilannya yang kompak dan berkelas. Tetapi yang lebih dari itu, kendaraan yang dirakit di Thailand juga memiliki performa dan efisiensi sangat baik. Serta dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan dan kenyamanan yang sangat mumpuni untuk dikelasnya. Sekilas tampilan keseluruhan mirip seperti baby X- trail, ini dapat dirasakan dari tampilan depannya dan belakangnya.

Kicks telah berhasil memadukan antara mesin generator berkapasitas 1.200 cc 3 silinder dengan baterai berkapasitas 1.57 kWh Panasonic lithium-ion. Tenaga motor listriknya saja dapat menyemburkan tenaga hingga 129 tenaga kuda di rentang putaran 4.000 rpm – 8.992 rpm, dengan dorongan torsi maksimal 260 newton meter di putaran 500 – 3008 rpm. Dikawinkan dengan mesin 1.200 3 silinder DOHC dengan tenaga maksimal 82 tenaga kuda dan torsi maksimal 103 newton meter, yang hanya secara otomatis hidup saat dibutuhkan untuk melalukan pengisian ke baterai motor listrik. Nissan telah mengembangkan teknologi mesin listrik baru tanpa perlu recharging, dengan mengkonversi tenaga mesin bensin menjadi energi listrik. Jadi kicks sepenuhnya ditenagai hanya dengan motor listrik.

Dengan menggunakan hanya Single speed constant ratio. Cukup dirasakan dorongan dari mulai putaran bawah hingga atas sudah dapat menghempaskan badan ke belakang jok. Meskipun uji akselarasi belum dapat dilakukan, namun pihak Nissan telah megklaim waktu yang dibutuhkan dari 0 hingga 100 km/jm hanya dalam waktu 9.7 detik, dengan kecepatan maksimum hingga 180 km/jm. Performa yang fantastis ini juga tidak mengurangi konsumsi penggunaan bahan bakar. Saat pengetesan dalam kota, dapat menghasilkan 1 liter/27 kilometer. Namun di jalan tol, pada kecepatan konstan 90 km/jm, hasil terbaik dapat mencapai 1 liter/48 kilometer.

Diperkirakan dari hasil kalkulasi multi information display di mobil ini, untuk satu kali pengisian bahan bakar 41 liter, dapat menempuh jarak hingga 980 kilometer. Dari hasil pengujian yang dilakukan saat diposisi ECO, dan terjebak di kemacetan, dengan memperbanyak penggunaan regenerative braking yang menarik energy panas dari rem untuk melakukan pengisian ke baterai motor listriknya. Jarak tempuh untuk sebelum melakukan pengisian bahan bakar, dapat bertambah hingga 7 kilometer. Meskipun tak dipungkiri saat mode sport diaktifkan, akselerasinya terasa lebih responsif.

Hal yang juga mengesankan dari mengendari Kicks E-power adalah kualitas berkendaranya yang sangat nyaman. Khas gen Nissan, bantingannya selalu terasa lembut dan dewasa, bahkan saat melintasi lubang, getaranya dapat diredam dengan sangat baik. Namun kenyamanan tersebut tidak mengurangi kepresisian berkendara, karena dapat dibuktikan dari putaran setirnya yang sangat komunikatif dan direct.Satu hal juga yang juga patut diacungi jempol adalah kualitas kekedapan kabinnya yang sangat baik. Serta suara roda dari jalan nyaris tak terdengar.

Kicks juga telah diusung oleh intelligent cruise control. Saat mengaktifkan mode tersebut, secara otomatis akan mengatur kecepatan mobil dengan mobil didepan Anda. Dimana sistem akan menjaga jarak antar kendaraan dan ketika sudah aman, mengembalikan kecepatan yang sudah ditentukan oleh sang pengemudi.

Posisi duduk didalamnya juga sangat ergonomis, serta tombol –tombol di sekitarnya juga sangat mudah untuk dioperasikan. Serta dibalut joknya dengan material semi kulit yang berkualitas. Ruang kaki didepan juga terasa sangat lapang,meskipun juga tidak mengurangi kenyamanan penumpang di belakang,yang masih dapat memberikan ruang kaki dan kepala cukup lapang.

Bagasinya cukup luas, memiliki kapasitas 423 liter dan ruang kedalam 900 mm tanpa melipat jok belakang.
Bagi yang melirik sebuah kendaraan kompak SUV elektrik dengan harga 449 juta, Serta efisiensi bahan bakar yang fantastis. Tak diragukan lagi untuk memilih mobil ini.

Spesifikasi:
Dimensi:
Panjang/Lebar/Tinggi (mm) : 4.305/1.760/1.615
Wheelbase (mm): 2.620
Ground clearance (mm): 175

Motor:
Kode: EM57
Penggerak: Depan
Tenaga mesin: 129 ps/4.000-8992 rpm
Torsi: 260 newton meter/500-3008 rpm

Mesin:
Tipe: HR12
Kapasitas: 1.198
Silinder 3
Tenaga mesin: 82 ps/6.000 rpm
Torsi: 103 Newton meter/5.200 rpm

Suspensi:
Depan: Machpherson
Belakang: Torsion beam

Rem:
Depan: Ventilated disc
Belakang: Disc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *