Tradisi Audi Merayakan 40 tahun Quattro

RuangOto.com – Tahun ini juga, Tradisi Audi akan ikut serta dalam lebih dari selusin acara nasional dan internasional, dengan demikian merayakan hari jadi yang istimewa. Tepat 40 tahun yang lalu, perusahaan dengan keempat cincin itu menghadirkan Audi quattro dengan melakukan mengambil langkah pertamanya ke segmen premium. Barang-barang tradisional pada kalender acara termasuk Goodwood Festival of Speed, Classic Days at Schloss Dyck, Eifel Rallye di Daun dan Donau Classic, di mana Audi akan menempatkan model quattro di pusat perhatian sebagai bagian dari tahun peringatan khusus ini.


Program acara tahun ini akan dimulai di Bremen Classic Motorshow (31 Januari hingga 2 Februari). Departemen sejarah dalam AUDI AG juga akan mengibarkan bendera di Balap Es GP (1 dan 2 Februari) di Zell am See di mana Audi quattro Rallye S1 akan terhanyut melintasi danau beku. Titik awal besar dalam program tahunan secara tradisional adalah pertunjukan kendaraan klasik “Techno Classica” di Essen (25 hingga 29 Maret). Audi Tradition akan hadir di aula 4 pameran mobil bersejarah, di mana tema Audi tahun ini akan menjadi “40 tahun quattro – penggerak semua roda setiap hari”. Fokus dari pameran ini adalah berbagai model bekas quattro.

Di Geneva International Motor Show pada bulan Maret 1980, sebuah all-wheel-drive, sporty menyebabkan kegemparan besar. Audi quattro adalah kendaraan berkinerja tinggi pertama yang ditawarkan dengan all-wheel drive – konsep sistem penggerak yang sebelumnya hanya diperuntukkan untuk digunakan di truk dan off-roader. Gagasan untuk mobil penumpang roda empat ini muncul pada musim dingin 1976/77 selama test drive untuk off-roader VW Iltis yang sedang dikembangkan oleh Audi untuk tentara Jerman. Karakteristik berkendara yang sangat baik dari kendaraan off-road ini di atas es dan di salju membuat para insinyur memiliki ide untuk menginstal sistem penggerak semua roda dari VW Iltis dalam Audi 80 produksi seri.
Tes selanjutnya sangat mengesankan. Dan hasilnya adalah Audi Coupé yang sporty dengan nama quattro. Tenaga 147 kW / 200 hp-nya berasal dari varian yang lebih kuat dari mesin turbo lima silinder 2.2 liter yang disajikan pada musim gugur 1979.

Audi quattro melakukan debut motorsport pada awal 1981 di Jänner Rallye di Austria. Pembangkit tenaga all-wheel-drive dari Ingolstadt merevolusi reli internasional dan adegan balap sejak saat itu.

Maka, cukup alasan bagi Tradisi Audi untuk mengeluarkan beberapa model historis quattro Audi – versi jalanan dan jalanan – keluar dari penyimpanan untuk musim acara tahun ini. Acara klasik pada program Audi Tradition termasuk Goodwood Festival of Speed di Inggris (9 hingga 12 Juli), Eifel Rallye Festival di Daun (23 hingga 25 Juli), Classic Days di Schloss Dyck di Jüchen (31 Juli hingga 2 Agustus), home events Donau Classic (18 hingga 20 Juni) di Ingolstadt dan Heidelberg Historic (9 hingga 11 Juli) dekat Neckarsulm, belum lagi pertunjukan Sachsen Classic di lokasi bersejarah Zwickau di perusahaan (13 hingga 15 Agustus). Merek dengan empat cincin juga akan diwakili di pendakian bukit Rossfeld di Berchtesgaden (25 hingga 27 September), serta di Audi RegioSprint di Ingolstadt (25 April) dan, untuk pertama kalinya, di Grand Prix Bersejarah Kopenhagen ( 1 dan 2 Agustus). Sepeda motor bersejarah dan Auto Union Typ C dapat dilihat dan didengar di Sachenring Classic di Hohenstein-Ernstthal (8 hingga 10 Mei). Musim akan dibulatkan oleh pameran mobil model di Audi Forum Neckarsulm (8 November) dan Ingolstadt (29 November).

Penulis : Komar Johari

Tinggalkan Balasan