RuangOto.com – Toyota Astra Motor telah melakukan sedikit penyegaran pada varian facelift welcab Sienta 2020 ini. Perubahan tersebut salah satunya ada dibagian grille yang dipadu dengan aksen ornamen chrome, untuk memberikan kesan lebih mewah.

Meskipun desain pada bumper tidak mengalami perubahan, namun pada varian facelift, lampu depannya sudah menggunakan fitur proyektor dan dapat diatur ketinggian pencahayaannya lampunya. Untuk bagian samping, memang belum mengalami perubahan, serta khas compact MPV ini pada kedua pintu geser elektrik di belakang masih tetap eksis .

Perbedaan antara Sienta Wellcab untuk kebutuhan khusus dengan Sienta biasa, adanya sticker difabel bentuk kursi roda di bagian kanan kaca depan dan belakang.

Sienta Wellcab facelift ini dijantungi oleh mesin 1.500 cc 4 silinder berkode 2NR-FE. Mesin ini menggunakan teknologi dual VVT-I untuk mengoptimalkan tenaga mesin. Tenaga yang dihasilkan dapat menyemburkan hingga 107 tenaga kuda pada putaran 6.000 rpm, dengan dorongan torsi maksimal 140 newton meter.

Dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT yang perpindahannya halus. Cukup responsif dirasakan mulai dari putaran bawah hingga menengah. Meskipun uji akselerasi belum dapat dilakukan, namun Toyota mengklaim waktu yang dibutuhkan dari 0 hingga 100 km/jm hanya dalam waktu 12 detik, dengan kecepatan maksimal 175 km/jm. Memang bukan hasil angka yang spektakuler untuk sebuah kompak MPV. Namun tapi lebih dari cukup untuk memenuhi dari sebuah kendaraan keluarga hari – hari.


Untuk penggunaan dalam kota dengan kecepatan rata 20-30 km/jm, hasil konsumsi bahan bakarnya mencapai 1liter/12km. Serta untuk kecepatan di tol dengan kecepatan 90 km/jm, dapat mencapai 1 liter /17 km.

Hal yang cukup membedakan antara yang Sienta varian facelift dan non facelift, adalah pada sektor bantingan suspensinya dan kekedapan kabinnya. Saat melintasi permukaan jalan yang bergelombang, sangat dirasakan gerakan suspensinya terasa lebih dewasa dan suara gemuruh dari jalan terasa lebih berkurang.

Meskipun raungan suara mesin tetap masuk kedalam kabin, namun pembenahan tersebut telah jauh lebih meningkatkan kenyamanan berkendaranya. Serta bobot putaran setirnya juga terasa lebih berbobot dan komunikatif.

Kualitas material interior Sienta Wellcab ini dirasakan sangat berkualitas dengan corak warna coklat tua pada bagian joknya. Posisi duduknya dinilai cukup ergonomis dan sangat mudah mengoperasikan tombol disekitarnya.

Hanya saja agak disayangkan ruang kaki kiri pada bagian pengemudi terasa agak sempit, serta posisi duduk agak terlalu tinggi meskipun sudah disetel pada posisi terendahnya. Dan ini dapat sedikit mengurangi kenyamanan posisi berkendara, khususnya saat jarak jauh. Tetapi ruang kaki pada baris kedua cukup lapang, meskipun di baris ketiga ruang kaki terasa agak sempit.

Saat mencoba akses keluar masuk dengan kursi wellcab yang dioperasikan secara elektrik dari bagian belakang baris kedua sebelah kiri, terasa cukup mudah. Dan tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk membawa sang penumpang di posisi tersebut hingga keluar dari mobil.

Bagi yang memiliki kebutuhan sebuah kendaraan kompak MPV dengan harga terjangkau, dibawah 400 juta, untuk penumpang dengan disabilitas. Tak salah lagi untuk memilih mobil tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *