RuangOto.com – Akhir-akhir ini banyak kecelakaan lalin dijalan raya diakibatkan rem tidak berkerja dengan baik. Kali RuangOto.com memberi tips merawat rem kendaraan Anda.

Langkah pertama dan seterusnya seperti :

  • Alangkah bahayanya bila saat anda melakukan pengereman mendadak, mobil anda membutuhkan jarak pengereman yang cukup panjang untuk diberhentikan akibat kinerja rem mobil anda yang kurang optimal. Kinerja rem yang tidak optimal dapat mengakibatkan kecelakaan yang fatal terutama pada saat ada mobil rem mendadak di depan anda atau secara tiba – tiba ada orang yang menyebrang di depan anda. Jangan takut, karena ada beberapa tips yang dapat menjaga agar kondisi rem mobil anda tetap terawat.
  • Bersihkan rem secara rutin. Bersihkan rem mobil anda setiap 5000km, karena kotoran yang melekat di kanvas dan piringan rem mobil anda dapat mengurangi kinerja rem mobil anda, dan juga dapat mengakibatkan bunyi saat pengereman dilakukan akibat gesekan antara debu atau pasir yang melekat diantara kanvas rem anda dengan piringan rem mobil anda. Bila tidak dibersihkan secara rutin maka ini akan memperpendek umur kanvas rem anda dan juga piringan rem mobil anda.
  • Bersihkan minyak rem secara rutin. Lakukan pergantian minyak rem secara rutin, karena minyak rem yang sudah terlalu kotor atau tingkat viscositasnya yang sangat rendah dapat mengurangi kinerja rem mobil anda, terutama pada saat suhu minyak rem melewati tingkat mendidih yang maksimal. Ini bukan hanya saja mengurangi jarak pengereman mobil anda, tetapi juga dapat mengakibatkan rem anda tidak dapat berkeja sama sekali, dan ini dapat berakibat sangat fatal bagi anda.
  • Periksa kondisi kanvas rem setiap 20000km. Kondisi kanvas rem yang sudah mulai menipis dapat mengurangi kinerja rem mobil anda, dan ini dapat sangat berbahaya terutama bila saat anda melakukan pengereman mendadak. Maka lakukan pengecekan berkala dengan kanvas rem mobil anda atau setiap 20000km, gejala kanvas rem yang sudah perlu diganti adalah saat anda melakukan pengereman, terdengar bunyi berdesing akibat gesekan antara piringan rem mobil anda dan kanvas rem yang sudah menipis.
  • Hindari rem mendadak. Setiap kali anda melakukan rem mendadak, maka ini akan mempercepat keausan kanvas rem mobil anda. Cara untuk menghindari rem mendadak adalah dengan cara untuk memberikan jarak saat anda melakukan pengereman antara mobil anda dengan mobil yang didepan anda, ini bukan hanya saja memperpanjang umur rem mobil anda, tetapi juga akan meningkatkan keamanan anda saat berkendara dengan si sang kekasih disamping anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *