RuangOto.com – Suspensi adalah salah satu bagian terpenting  dari kaki – kaki mobil Anda yang bukan hanya saja dapat menopang tubuh mobil Anda, tetapi juga memberikan dampak yang sangat besar terhadap faktor kestabilan, kenyamanan, serta tingkat pengendalian mobil Anda.

Umur pemakaian suspensi mobil Anda sangat tergantung dengan kondisi jalan yang sering Anda lintasi, kapasitas yang sering Anda angkut di mobil Anda, dan yang terpenting juga adalah bagaimana menjaga  agar umur pemakaian suspensi mobil Anda bisa ditempuh dengan jarak yang lebih panjang. Ikuti tips berikut untuk menghindari pergantian dini dengan suspensi mobil Anda sebagai berikut :

·        Tutupi dalam suspensi Anda dengan cover boot.  Untuk menghindari masuknya kotoran ke dalam suspensi Anda tutupi  didalamnya dengan coverboot untuk menghindari debu yang masuk ke dalam. Kotoran yang masuk dapat merusak karet- karet yang ada didalam suspensi Anda yang dapat mengakibatkan kebocoran, jika ini terjadi biasanya ada rembesan oli yang keluar dari dalam suspensi Anda yang ada di sekitar permukaan piston suspensi Anda.   

·        Hindari jalan berlubang. Untuk memperpanjang umur pemakaian suspensi Anda, sebaiknya hindari jalan berlubang atau kurangi kecepatan mobil Anda jika tetap harus melintasi kondisi jalan  yang kurang baik seperti di Jakarta. Jika Anda terlalu sering melewati jalan yang berlubang maka ini dapat lebih cepat memperlemah kinerja suspensi Anda baik untuk suspensi depan dan juga belakang. 

·        Hindari pemakaian ukuran velg yang terlalu besar.  Ukuran velg yang terlalu besar dapat memperpendek umur pemakaian suspensi Anda, ini diakibatkan oleh penambahan beban di sekitar suspensi Anda dan jarak travel suspensi Anda yang semakin berkurang untuk mengurangi getaran. Idealnya gunakan ukuran velg sesuai dengan jenis mobil Anda dan tidak nyaris menyentuh spatbor mobil Anda.    

·          Setelah melewati genangan air semprot suspensi Anda dengan Air. Untuk mencegah kotoran masuk ke dalam suspensi Anda, sebaiknya semprot suspensi Anda dengan air  setelah Anda melintasi genangan air yang cukup tinggi. Ini hanya untuk membersihkan kotoran seperti tanah atau mungkin benda kecil yang melekat di sekitar suspensi Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *