RuangOto.com – Fungsi dari sebuah pompa bensin adalah untuk memompa bahan bakar dari tangki bensin ke karburator (pada sistem bakar konvensional)atau ke injector, hingga bensin masuk ke dalam mesin dan terjadinya pembakaran untuk menghidupkan mesin. Jika pompa bensin ditiadakan, maka bahan bakar tidak dapat mengalir dengan sendirinya ke mesin. Tersedia dua jenis pompa bensin, yaitu tipe mekanik dan elektrik. Jenis mekanik tersebut digunakan pada jenis kendaraan yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator, dengan cara memindahkan bensin dari tangki ke karburator atau injeksi melalui tekanan bahan bakar yang konstan pada saat awal mesin dihidupkan.

Sedangkan sistem elektrik, digunakan pada jenis kendaraan yang telah dilengkapi dengan teknologi pembakaran injeksi. Namun untuk beberapa jenis kendaraan, seperti Suzuki Karimun GX yang masih menggunakan karburator telah memakai jenis pompa bensin elektrik. Kelebihan dari pompa bensin listrik,pada waktu stop kontak di posisi on, bensin secara otomatis dialirkan dari tangki bahan bakar ke mesin dengan cepat tanpa perlu menunggu mesin dihidupkan seperti pada sistem pompa bahan bakar mekanik. Pompa elektrik ini terinteregasi dengan electronic control di mesin, yang  dapat mengkalkulasi kebutuhan bensin secara cermat yang perlu dialirkan dari tangki bensin ke mesin. Fuel pump elektrik yang murni menggunakan motor listrik seperti umumnya terdapat pada jenis mesin EFI (electronic fuel injection) dan fuel pump ini di letakkan di dalam tangki bensin.Pompa bensin injeksi ini digerakkan oleh aliran listrik ,yang berasal dari relay fuel pump. Dengan demikian dapat lebih meningkatkan lebih mengioptimalkan efisiensi bahan bakar. .

Pada bagian pompa bensin tersebut, di bagian dalamnya juga disertai dengan filter bensin, yang tujuannya adalah untuk menyaring kotoran agar tidak masuk ke dalam tangki bensin. Tanpa filter penyaring, maka dapat mengakibatkan kerusakan pada pompa bensin, yang diawali dengan gejala mesin mulai terasa tersendat – sendat, dan jika didiamkan secara terus menerus maka mesin secara tiba – tiba tidak dapat dihidupkan.

Tips menjaga agar umur pemakaian pompa bensin bisa lebih panjang, sebagai berikut:

  • Gunakan bensin yang berkualitas. Dengan secara rutin melakukan pengisian dengan bahan bakar berkualitas, maka umur pemakaian pompa bensin pun bisa lebih panjang. Efeknya dapat mencegah partikel kotoran- kotoran yang masuk ke dalam pompa tersebut. Dan pastinya bensin yang bersih dapat lebih meningkatkan performa mesin.
  • Bersihkan secara rutin.Untuk mencegah terjadinya pemampatan pada pompa bensin, lakukan pembersihan pada pompa bensin secara rutin setiap 15000 km. Tetapi jika sudah terlalu kotor pompa bensinnya, sebaiknya di ganti dengan yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *