SUV Listrik Bertenaga Beringas, Nan Senyap Dan Futuristik..

RuangOto.com – Sebagai mid SUV elektrik ini, tak diragukan tampilan Tesla model X terlihat futuristik dan berbeda dari pesaingnya. Ini dikarenakan, pada varian X ini, Tesla menggusung konsep desain pintu falcon wing doors atau pintu sayap di bagian belakang. Jenis pintu tersebut bukan hanya sekedar gimmick, tetapi juga ditujukan agar memberikan ruang yang lebih lapang untuk akses dan keluar masuk penumpang.

Tipe X yang didesain oleh Franz von Holshausen mengembangkan model tersebut dengan menggunakan basis platform chasis dari Tesla model S, serta klaim dari Tesla sekitar 30 percent memiliki kesamaan komponen dari tipe S. Sangat dirasakan tipe Tesla X performance dirancang agar dapat memenuhi dari segi performanya, tanpa mengurangi faktor fungsionalitasnya. Varian X ini memiliki ground clearance yang tinggi, untuk memudahkan melintasi medan offroad atau kondisi jalan kurang bersahabat.

Pada varian X performance all wheel drive, dibekali dengan dua motor listrik pada bagian depan dan belakang. Total daya tenaga kuda yang dihasilkan, dapat mencapai hingga 613 tenaga kuda, dengan dorongan torsi hingga 913 newton meter. Di salurkan melalui single transmision, pada saat mode lidicrilous diaktifkan, akselerasi mulai dari putaran bawah hingga ke atas terasa sangat beringas. Saya rasa untuk pengendara hari – hari, cukup menggunakan mode sport, tenaganya sudah cukup mumpuni. Meskipun uji akselerasi belum dapat dilakukan, tetapi klaim dari Tesla, waktu yang dibutuhkan dari 0 hingga 100 km/jm hanya dalam waktu 3.6 detik, dengan kecepatan maksimum hingga 250 km/jm. Bahkan kerap kali waktu start akselerasi, ban sempat mendecit beberapa kali, mengsinylakan SUV besar ini memiliki performa yang extraordinary.

Meskipun performanya setara supercar, SUV bertenaga listrik ini memiliki efisensi penggunaan baterai yang cukup baik. Dengan penggunaan supercharging, waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai hingga penuh, membutuhkan waktu 5-6 jam, dan untuk portablecharging, butuh waktu pengisian hingga 9 jam.Posisi baterai penuh, diklaim oleh Tesla, dapat menempuh jarak hingga 445 km dengan konsumsi motor listrik 21.3 kwh per 100 km. Tergantung kondisi traffic di jalan.
Tesla X performance dilengkapi dengan adaptive air suspension pada bagian depan dan belakang. Hasil pengendalian dan kenyamanan berkendaranya dinilai sangat baik. Saat melintasi permukaan jalan yang agak keriting, teslaX dapat meredam guncangan dengan sangat baik. Bukan hanya itu saja, eksistensi dari kelembutan suspensinya, tidak mengurangi gejala limbung saat menikung pada kecepatan tinggi. Dipadu juga dengan gerakan lingkar kemudinya yang terasa cukup presisi, dan komunikatif.

Hasilnya yang terbaik adalah, saat mode setir dan suspensi pada posisi sport, aura berkendaranya terasa lebih agresif dan lebih fun to drive.Serta traksi ke jalannnya sangat baik, karena telah bekali dengan sistem all wheel drive. Dan yang sangat menarik dari mobil ini telah dilengkapi dengan fitur auto pilot. Dengan perangkat canggih ini, mobil ini dapat dikendarai nyaris tak perlu lagi menggenggam lingkar setir kemudi, cukup mengaktifkan auto pilot dan active radar cruise control. Meskipun fitur tersebut, sejujurnya belum dapat operaskan, karena kondisi lalu lintas yang tidak memungkinkan.

Posisi duduk di dalam varian X terasa ergonomis, tombol – tombol di sekitarnya sangat mudah untuk dioperasikan. Meskipun pada baris cukup lapang, namun di baris ketiga terasa agak sempit untuk didudukinya, ini dikarenakan karena adanya motor listrik dibagian bawah jok yang cukup menytia ruang di bagian tersebut. Namun jika jok baris ketiga keduanya dilipat, total volume ruang bagasinya berta,bertambah hingga 2.492 liter. Pengaturan fitur –fitur di tesla X dapat semuanya dioperasikan melalui touch screen monitor LG 15.4″ IPS 1920×1200 Display yang diletakkan di bagian tengah dasbor.

Material yang digunakan di dalam mobil ini terasa sangat berkualitas, seperti menggunakan suede leather di bagian plafon dan dibalut kulit berkualitas baik. Serta dilengkapi glass roof yang dilapisi dengan tinting film dapat menyerap panas secara maksimal, serta memberi kesan aura kabin lapang. Di dalam tab ini juga tersedia fitur – fitur game, yang dapat dimainkan melalui lingkar kemudi mobil ini.

Bagi yang tertarik dengan sebuah kendaraan sedan SUV premium listrik, berperforma dahsyat, nyaman dan fungsional. Pembeli Tesla juga diberikan free supercharging berikut instalasi di rumah dan biaya penambahan daya listrik di rumah hingga 6600 watt, tanpa dikenakan biaya. Serta pengisian baterai di mall seperti di pacific place, tidak dikenakan biaya. Berikut 2 tahun garansi dan 8 tahun garansi baterai.

Spesifikasi:

Harga:
4 milliar (estimasi)

Dimensi
Pjg/lbr/tng (mm) 5.037/2.070/1.684
Wheelbase (mm) 2.965

Daya motor listrik
Akeselarasi 0-100km/jm 3.6 detik
Kecepatan maksimum 250 km/jm
Tenaga motor listrik ( depan & belakang) 613
Torsi motor listrik 931 newton meter
Efisiensi baterai 21.3 kwh/100km
Penggerak roda all wheel drive

Jenis motor listrik Permanent magnet
Transmisi
1 percepatan, 9:1 ratio

Tipe
Suspensi
Depan
Double wishbone, adaptive suspension
Belakang
Independent multi-link with twin-tube shock absorbers and stabilizer bar. Adaptive suspension

Rem
Depan
Ventilated disc
Belakang
Ventilated disc

Ban
Michelin Pilot Sport 4 S
Ukuran
Depan: 265/35/22
Belakang:
285/35/22

Tinggalkan Balasan