RuangOto.com – Suzuki XL7 terbaru ini tetap menggunakan basis platform chasis dari Suzuki Ertiga. Perbedaan yang siginifikan antara kedua model tersebut, adalah pada tampilannya yang lebih gagah dan berpetualang. Ini dapat terlihat dari penggunaan fender yang lebih lebar pada bagian spakbor depan belakang mobil ini. Serta dibekali dengan logo “S” yang lebih besar pada bagian grill, dan lengkap dengan lampu kabut di bagian bawah kiri kanan bumper.

Untuk dimensi masih tetap sama dari sebelumnya, hanya saja XL7 memiliki ground clearance lebih tinggi. Lampu depan juga sudah menggunakan Bold headlamp with DRL (Auto On), untuk meningkatkan pencahayaan dan keamanan berkendara di malam hari.
XL7 dijantungi oleh mesin 1.500 cc 4 silinder tipe K158, tenaga yang disemburkan dapat mencapai 105 tenaga kuda pada putaran 6.000 rpm, dengan dorongan torsi 138 Newton meter pada putaran 4.000 rpm. Dikawinkan dengan perpindahan transmisi 4 percepatan yang halus, dorongan akselerasinya dari mulai putaran bawah hingga atas terasa cukup responsif. Meskipun uji performa belum dapat dilakukan, namun Suzuki mengklaim waktu yang dibutuhkan dari 0 hingga 100 km/jm hanya dalam waktu 13.5 detik, dengan kecepatan maksimum hingga 170 km/jm. Hal yang juga unggul di mesin tersebut, adalah getaran mesinnya cukup minim, nyaris tak terasa ke kabin.

Hal juga yang mengesankan dari mobil ini adalah bantingannya yang cukup lembut. Terutama saat melintasi permukaan yang bergelombang dan keriting, XL 7 dapat meredam guncangan cukup baik. Meskipun kelebihan tersebut harus dibayar sedikit, dengan gejala limbung yang sedikit timbul saat melaju kecepatan tinggi. Tetapi karena ini adalah sebuah mobil keluarga, maka minus tersebut masih bisa ditoleransi.

Bobot putaran setirnya juga terasa pas, dan bobot gerakan pedal rem juga terasa mantap, utamannya saat pengereman mendadak.

Material di dalam kabinnya juga terasa cukup berkualitas, dengan menggunakan texture carbon fibered pattern dashboard. Efek tersebut memberikan kesan mewah. Posisi dudukya juga terasa nyaman, dan ergonomis. Serta tombol – tombol disekitarya cukup mudah untuk dioperasikan. Ruang kaki pada bagian depan dan baris kedua belakang, cukup lapang. Hanya di baris ketiga bagi yang postur tubuhnya lebih dari 1.7 meter, akan merasa agak sempit, dan kurang nyaman untuk dudukinya.

Bagi yang melirik sebuah kendaraan MPV keluarga dengan harga di kisaran 200 jutaan. Ini bisa dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.


Spesifikasi:
Dimensi
Pjg/lbr/tng (mm) 4.450/1.775/1.710
Wheelbase (mm) 2.740
Kapasitas tangki (liter) 43
Mesin
Tipe DOHC
Kapasitas (cc) 1.462
Tenaga (tk/rpm) 104.7/6.000
Torsi (Nm/rpm) 138/4.400
Transmisi
4 percepatan otomatis
Tipe
Suspensi
Machpherson
Belakang
Torsion beam
Rem
Depan
Ventilated disc
Belakang

Tinggalkan Balasan