RuangOto.com – Kia Sonet yang dirakit di India ini, memadukan dimensinya antara kedua saudaranya. Kia Sportage dan Kia Seltos. Kia membuat subkompak SUV ini, untuk mengisi kekosongan segmen SUV besar dan kecil. Seperti pada produk –produk Kia yang lain.

Sonet ini juga di identikkan dengan menggunakan Tiger Nose Grill pada bagian depan. Serta dilengkapi dengan fitur LED di lampu belakang, untuk meningkatkan faktor keamanan berkendara. Sekilas dari depan terlihat mirip seperti Sorento terbaru (belum masuk ke Indonesia) dan Seltos, dikawinkan oleh bentuk belakangnya yang terlihat lucu dan sexy.

Sonet ini dijantungi oleh mesin 1.500 cc 4 silinder normal aspirated. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga hingga 115 tenaga kuda, dipadu dengan dorongan torsi maksimal 144 newton meter . Dikawinkan dengan transmisi inteligent CVT yang sigap dan halus perpindahannya. Cukup dirasakan dorongan mulai dari putaran menengah hingga ke putaran atas, terasa sangat responsif. Meskipun agak disayangkan putaran bawahnya, kurang responsif. Ini kemungkinan, karena menggunakan transmisi CVT, yang menimbulkan sedikit lag pada start awal. Meskipun uji akselerasi belum dapat dilakukan, namun kia mengklaim, waktu yang dibutuhkan dari 0 hingga 100 km/jm hanya dalam waktu kurang dari 11 detik, dan kecepatan maksimum mencapain hingga 190 km/jm.

Hal yang cukup mengesankan saat saya mengendarai mobil ini, adalah kekedapan kabinnya, yang telah menjadi salah satu keunggulan dari produk mobil Korea. Suara angin dan dari jalan pun nyaris tak terdengar. Bantingannya pun juga dinilai sangat empuk dan dewasa, terutama saat melintasi permukaan jalan yang keriting dan berlubang. Meskipun sangat nyaman untuk dikendarai, namun gejala limbung pun juga tidak terdeteksi saat menikung atau pindah jalur dengan kecepatan diatas 80 km/jm. Kualitas pengereman juga sangat baik, dan sistem Anti Lock Brake System bekerja sangat maksimal.

Material kabin yang digunakan juga terasa berkualitas, pada bagian dasbor dan pintu. Serasa duduk didalam mobil yang harganya diatas 300 jutaan. Dipadu dengan posisi duduknya yang ergonomis, serta tombol – tombol disekitarnya sangat mudah dijangkau dan dioperasikan. Ruang kaki pada bagian depan juga terasa lapang, termasuk di bagian belakang, juga terasa leluasa, sekalipun yang menduduki berpostur lebih dari 170 cm. Bagasi Sonet memiliki kapasitas 389 liter. Terbilang cukup besar untuk dikelasnya, serta akses untuk keluar barang, terlihat cukup mudah.

Pada tipe Premiere IVT, yang teratas ini. Telah dilengkapi fitur dengan sunroof, 6 kantung udara, electronic stability control, hill start assistance control, dan vechile stability management system.
Bagi yang melirik sebuah kendaraan kompak SUV dengan harga dibawah 300 juta. Sangat patut dipertimbangkan untuk memiliki mobil asal negeri Gingseng ini.

Harga: 289 juta

Dimensi (Panjang/Lebar/Tinggi): 4.120/1.790/1.615

Dimensiase: 2.500

Front/rear tread(mm):1.558/1571

Tangki bensin: 45 liter

Kapasitas mesin (cc): 1.497

Tenaga mesin (ps/rpm): 115/6.300

Torsi (Nm/rpm): 144/4.500


Depan: Cakram
Belakang: Tromol

Suspensi
Depan: Machpherson
Belakang: Coupled Torsion beam

Tinggalkan Balasan