Seputar E Formula Jakarta

RuangOto.com – Kapan dan dimana balapan Formula E Jakarta akan dilaksanakan ?
Akan dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2020, di Sirkuit Monas

Tanggal 6 Juni itu hari Sabtu, kenapa bukan Minggu?
Sejak mulai digelar pada 2014, Formula E telah memposisikan diri sebagai balapan hari Sabtu. Dan bila dalam satu seri di sebuah kota digelar dua race, balapan akan diadakan di hari Jumat dan Sabtu. Alasannya agar waktunya tidak berbenturan dengan Formula 1 dan Moto GP yang menggelar lombanya di hari Minggu. Diharapkan strategi ini dapat membuat jumlah penonton FE di seluruh dunia, baik menonton di sirkuit atau televisi akan semakin meningkat.

Kenapa Monas?
Alasannya karena Monas memiliki nilai cagar budaya, dan setiap race pada kejuaran Formula E yang digelar di sebuah kota dapat menjual icon kota tersebut.

Kenapa harus ditengah kota dan berbentul sirkuit jalan raya ?
Tujuannya agar memberi kemudahan kepada masyarakat untuk menontonya dan di harapkan mereka lebih banyak datang ke Monas, dengan menggunakan kendaraan umum. Agar dapat lebih mendukung dalam mengurangi emisi karbon. Itu sejalan dengan kampanye lingkungan bersih yang digelorakan oleh FE.

Berapa panjang sirkuit monas?
Panjang sirkuit 2.588 km, berputar searah jarum jam, dan memiliki 12 tikungan (8 kanan dan 4 kiri)
Apakah sudah dipastikan area di sana layak dijadikan tempat dibangunnya sirkuit bertaraf internasional ?
Melalui kajian mendalam, telah dilakukan Formula E melalui arsitek yang selama ini dikenal sebagai perancang sirkuit – sirkuit balap modern, Tilke Engineers dan Architects. Bersama FIA, mereka telah menelah segala hal dan memastikan bahwa kawasan di sekitar tugu Monas sangat aman untuk dijadikan sirkuit jalan raya kelas dunia.

Berapa lama proses membangun sirkuit Monas ?
Dalam waktu dekat pengerjaan akan dilakukan. Proses sejak pengaspalan, pembuatan pagar, hingga membangun tribun –tribun akan memakan waktu sekitar 3 bulan. Proses terakhir adalah homoligasi atau sertifikasi yang akan dilakukan dan diberikan oleh FIA.

Apakah batu – batu alam (coble stone) yang ada di Monas nanti dibuang dan diganti aspal semua ?

Lagi dipertimbangkan. Karena ada dua pilihan, pelapisan sebagian cobble stone dengan aspal atau membongkar semua cobble stone , lalu diganti aspal baru secara permanen. Dari sisi efektivitas pengerjaa, pelapisan lebih mudah dan cepat. Sementara untuk pembongkaran butuh waktu lama. Tetapi kemungkinan akaan melapisi cobble stone, seperti di area jalur trek, tribun pit dan paddock berada. Teknologi yang sudah maju dapat membuka lapisan aspal sementara ini setelah usai acara, sehingga cobble akan kembali seperti semula.
Berapa kecepatan maksimal di sirkuit monas?
Dalam simulasi yang dirancang oleh tim Tilke, kecepatan maksimum dapat mencapai hingga 220 km/jm dengan lokasi sebelum tikungan 7.

Berapa durasi balapan di Monas?
Berbeda dengan F1 yan&ng memakai jumlah lap, formula E memakai patokan waktu. Di semua event termasuk Jakarta E prix nanti, durasi lombanya adalah 45 menit +1 lap. Jadi total waktu balap 47 menit.
Ada berapa team dan pembalap di balapan formula E ini ?
Ada 24 pembalap dari 12 tim.Mereka adalah pembalab lokal maupun tim, berasal dari 13 negara.

Siapa saja bekas pembalap F1 yang ambil bagian di FE ?
Felipe Massa , Stoffel Vandoorne, Jean Eric Vergne, Brendon Hartley dan Pascal Wehrlein.
Berapa lama kontrak Jakarta E –prix?
Kontrak E prix akan berlangsung selama 5 tahun, dan akan berakhir di 2024.

Tinggalkan Balasan