RuangOto.com – Nissan Leaf (ditulis sebagai “LEAF”, singkatan dari Leading, Environmentally friendly, Affordable, Family car) ini adalah mobil listrik dengan desain 5 pintu hatchback, diusung oleh dimensinya yang kompak dan tingkat aerodinamisannya sangat minim untuk meminimalkan penggunaan baterai listrik. Generasi pertama Nissan Leaf pertama kali diperkenalkan di pasar Jepang dan Amerika Serikat pada bulan Desember 2010. Dan sekarang unit yang diuji coba ini adalah generasi yang kedua dengan dimensi yang lebih besar dari pendahulunya. Disertai juga dengan pembaharuan dari motor listrik yang lebih efisien dan bertenaga dari generasi sebelumnya. Pada bagian depan sudah dilengkapi lampu LED, serta penggunaan kap mesin dari bahan alumunium dan desainnya yang aerodinamis. Untuk di bagian belakang, disertai juga dengan bentuk lampu yang sporti, serta dipadu oleh bentuk pelek minim hambatan angin.

Nissan leaf ditenagai oleh motor listrik tipe Em57 kode AC3 Synchronous, yang dapat menghasilkan tenaga hingga 40 kwh atau 150 tenaga dengan torsi maksimal hingga 320 newton meter. Di kawinkan dengan transmisi single speed ini,tidak diragukan lagi akselerasi Leaf sangat kencang dari mulai putaran bawah hingga atas. Meskipun uji performa belum dapat dilakukan, namun Nissan telah mengklaim waktu yang dibutuhkan dari 0 hingga 100 km/jm hanya dalam waktu di bawah 9 detik, dengan kecepatan maksimum dibatasi hingga 160 km/jm.Saat mode ECO diaktifkan, dorongan motor listriknya masih sangat kuat. Meskipun saat posisi ECO mati, performanya terasa lebih responsif.

Waktu pengisian yang dibutuhkan untuk baterai listrik Leaf ini dengan menggunakan wall charging yang membutuhkan daya listrik minimal 7000 watt, estimasi 8 hingga 10 jam. Dari mulai kondisi baterai 100 persen penuh hingga habis, mobil ini dapat menempuh jarak hingga 311 km.

Hal yang sangat mengesankan saat mengendarai Nissan Leaf listrik ini bukan hanya saja keheningan kabinnya. Tetapi juga bantingan suspensinya terasa sangat nyaman dan dewasa, disertai dengan bobot putaran setirnya terasa sangat pas, dan komunikatif baik saat melaju cepat, maupun pelan. Bahkan saat melintasi permukaan jalan yang sangat bergelombang, dinilai mobil ini tetap dapat menghasilkan kualitas kenyamanan berkendara yang sangat baik. Untuk meningkatkan keamanan berkendara, Leaf juga sudah dilengkapi dengan Vechile Dynamic Control. Fitur tersebut fungsinya untuk menjaga stabilitas mobil saat menikung pada kecepatan tinggi. Serta juga sistem pengeremannya sudah dilengkapi dengan Anti Lock Brake System.

Material kabin di mobil ini terasa sangat berkualitas, disertai dengan posisi duduknya yang sangat ergonomis dan tombol di sekitarnya cukup mudah untuk dioperasikan. Ruang kabin depan terasa cukup lapang, namun agak disayangkan pada bagian belakang terasa agak sempit, meskipun ruang bagasinya terbilang cukup lapang. Serta akses untuk keluar masuk barang ke dalam bagasi juga dirasakan cukup mudah.
Bagi yang menginginkan sebuah mobil listrik tanpa mengurangi sisi kenyamanan dan fungsionalitasnya, kendaraan “Zero Emission” ini sangat cocok untuk dimilikinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *