RuangOto.com – New Mazda CX3 1.5L dinobatkan sebagai small compact crossover. Dipadu dengan desainnya yang stylish dan sporti. Mobil asal buatan Jepang ini, tetap menggunakan basis platform chasis yang sama dari Mazda 2, titik perbedaannya hanya pada posturnya lebih tinggi, serta lebih lebar dan panjang. Tampilan depannya terlihat futuristik,ini dapat dirasakan dari dilengkapinya Lampu LED bernuansa mata hiu. Di bagian belakang juga menggunakan lampu LED. Bodinya yang kompak juga telah menciptakan ruang kabin yang lapang, tanpa mengorbankan sisi ke ergonomisannya.

Namun pada varian CX3 1.500 cc ini dibandingkan yang 2.000 cc, belum dilengkapi sunroof, serta desain peleknya yang beda tampilannya. Dan juga beberapa pengurangan fitur untuk memangkas harga, dari tipe 2.0 L.

Mobil ini diusung oleh mesin berkapasitas 1.500 cc 4 silinder normal aspirated SKYACTIV-G, seperti yang digunakan pada Mazda 2. Mesin tersebut dapat menyemburkan tenaga hingga 111 tenaga kuda pada putaran 6.000 rpm, dorongan torsi maksimalnya mencapai hingga 144 newton meter di putaran 4.000 rpm . Dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan yang perpindahannya halus dan sigap, dorongan akselerasinya dari putaran bawah hingga atas, terasa sangat responsif. Dari hasil uji coba singkat yang saya lakukan saat menggunakan mode sport, meskipun bukan yang varian 2.000 cc,. Mobil ini tetap terasa gesit. Uji akselerasi memang belum dapat dilakukan.  Namun Mazda mengklaim waktu yang dibutuhkan dari 0 hingga 100 km/jm hanya dalam waktu 10.6 detik, dengan kecepatan maksimum 190 km/jm. Hanya saja agak disayangkan, putaran 1.500 rpm-2.500 rpm, dirasakan kurang galak.

Hal yang cukup membuat berkesan saat mengendarai mobil ini adalah sisi pengendaliannya. Meskipun bantingannya terbilang keras, namun tidak mengurangi sisi kenyamanannya. Efek tersebut juga dapat menimimalkan gejala bodi roll. Pada versi CX3 1.5 sport ini,juga telah diusung oleh teknologi G-Vectoring Control, yang berfungsi untuk meningkatkan responsivitas pengereman, pertajam akurasi putaran setir, dan dorongan akselerasi yang responsif, serta efisien dalam penggunaan bahan bakar. Satu hal yang saya cermati, saat mengendarai mobil ini, mengingat ini varian mesin yang 1.500 cc. CX3 ini terasa lebih gesit dan ringan saat melakukan maneuver cepat dibandingkan varian 2.000cc. Hal tersebut dipastikan karena bobotnya yang lebih ringan.

Saat duduk didalamnya, posisi duduk mengemudinya sangat ergonomis, dapat dirasakan tombol di sekitarnya sangat mudah dijangkau dan dioperasikan. Kenyamanan tempat duduk depannya juga cukup baik, dan ruang kaki pada bagian depan sangat lapang. Meskipun saat duduk di belakang, ruang kaki dan ruang kepala, pada bagian tersebut, terasa agak sempit. Ruang bagasi juga cukup belakang. Compact crossover ini juga sudah dilengkapi dengan cruise control, dimana pedal gas tak perlu lagi di injak saat kecepatan yang Anda inginkan telah di set, dengan mengaktifkan fitur tersebut.

Dengan harga yang ditawarkan dibawah 350 juta, CX3 1.5 SPORT dirasakan sangat menarik untuk dimilikinya. Meskipun dengan kapasitas mesin yang lebih kecil, namun DNA khas sebuah kendaraan Mazda, tetap eksis di mobil ini. Mengingat Mazda tetap mengedepankan sisi performanya, tanpa mengurangi di sektor kenyamanan dan pengendalian, serta efisiensi bahan bakarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *