RuangOto.com – Secara populasi di Indonesia, kini Generasi Z sudah berjumlah 72,8 juta atau 27% dari dari 267 juta penduduk di Indonesia pada tahun 2019 (sumber: hasil pengolahan data Survei Sosial Ekonomi (Susenas) 2019). Dalam sebuah forum diskusi Markplus Centre for Tourism & Hospitality, menyebutkan bahwa Gen Z memiliki kecenderungan untuk memilih dan menggunakan merek yang sudah masuk ke dunia digital. Menyadari hal tersebut, Asuransi Astra sejak 2015 sudah memulai digitalisasi terhadap produk dan layanannya, dengan tujuan untuk menarik perhatian anak-anak muda dan menyesuaikan dengan gaya hidup yang mereka jalani. Hasilnya, kini Asuransi Astra sudah menjadi top of mind Gen Z, dibuktikan dengan berhasilnya Asuransi Astra meraih penghargaan Marketeers Youth Choice Brands of The Year 2020 dari Majalah Marketeers untuk kategori Insurance (26/11).

Penghargaan Marketeers Youth Choice Brands of The Year 2020 yang diberikan secara virtual ini digelar oleh Marketeers untuk pertama kalinya dan diselenggarakan untuk mengetahui siapa saja merekdi Indonesia yang berhasil mendapatkan tempat dan meninggalkan kesan positif di hati konsumen Gen Z Indonesia. Metode penilaian yang dilakukan oleh Marketeers adalah dengan menggelar survei secara online yang dilakukan sejak awal Oktober hingga pertengahan November 2020, dengan menjaring setidaknya 1.300 responden dari seluruh Indonesia dengan rentang usia 18-25 tahun.

Besarnya peran Gen Z dalam dunia bisnis di Indonesia sudah disadari oleh Asuransi Astra sejak 2015, di mana saat itu Asuransi Astra sudah memulai digital journey dengan meluncurkan mobile apps yaitu Otocare dan Medcare, yang masing-masing diperuntukan bagi para pelanggan Garda Oto dan Garda Medika. Tidak hanya itu, inovasi digital Asuransi Astra pun berlanjut dengan memunculkan website yaitu gardaoto.com yang memudahkan para pelanggan untuk membeli asuransi dengan mudah dan simple serta bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Kemudian ditambah dengan munculnya Garxia, virtual assistant berupa chatbot yang dapat melayani mulai pembelian hingga klaim asuransi mobil serta diluncurkannya beberapa produk-produk Asuransi yang menyasar gaya hidup milenial dan dijual secara online seperti Garda Me (Asuransi Kecelakaan Diri), Garda Home (Asuransi Kebakaran), Garda Edu (Asuransi Pendidikan) serta Garda Trip (Asuransi Perjalanan) yang harapannya dapat memberikan dorongan kepada para Gen Z untuk mulai mencoba berasuransi sejak dini dan menyadari akan pentingnya melindungi seluruh aset yang mereka miliki dengan asuransi.

“Digitalisasi yang dilakukan oleh Asuransi Astra sejak tahun 2015 adalah bentuk adaptasi kami terhadap perubahan gaya hidup yang ada di masyarakat. Melalui inovasi-inovasi produk dan layanan, kami selalu berusaha untuk muncul menjadi merek yang inovatif, dinamis, serta dapat memberikan solusi terhadap kebutuhan para pelanggan yaitu kemudahan dan kenyamanan. Kami harap ke depannya Asuransi Astra dapat terus berinovasi untuk menyempurnakan produk dan layanan kami di era disrupsi ini, sehingga kami dapat selalu memberikan peace of mind kepada para pelanggan kami”, jelas L. Iwan Pranoto, SVP Communication & Customer Service Management Asuransi Astra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *