RuangOto.com – Nama Letjen TNI Anto Mukti Putranto tentu tak asing lagi didengar. Komandan Kodiklat TNI AD ini telah menerima berbagai penghargaan atas dedikasinya di banyak bidang. Apresiasi diberikan atas berbagai kontribusi yang disumbangkan demi kemajuan, termasuk dalam olahraga dan otomotif.

Mantan Pangdam II/Sriwijaya ini memang hobbies olahraga dan aktifitas otomotif. Salah satu kegemarannya, offroad. Tak salah jika menjadi Dewan Pembina di Pengurus Pusat Indonesia Off-road Federation (PP IOF).

“Saya sudah beberapa kali dapat award dari Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia. Dari Pengprov IMI Jawa Barat dua kali dan IMI Sumatera Selatan sekali sebagai Lifetime Achievement,” sebut Putranto, lulusan Akabri 1987 ini yang berpengalaman di Infanteri.

Jenderal Bintang Tiga yang masih aktif ini selalu berkontribusi langsung dan memberikan support penuh dalam penyelenggaraan event otomotif. Mulai dari Kejurnas Sprint Rally, Speed Rally, sampai Offroad dalam beberapa tahun terakhir.

Inilah bedanya seorang perwira tinggi. Prinsipnya bekerja dengan hati, profesional dan selalu bersyukur. “Kita harus memaknai arti kehidupan dalam mengemban tugas sebagai Prajurit TNI Angkatan Darat,” tegas pria kelahiran Kabupaten Jember, Jawa Timur, 26 Februari 1964 lalu.

Dalam komunitas otomotif, Putranto juga aktif. Menurutnya, memang sering komunitas otomotif dianggap sebagai tempat penyaluran hobi belaka. “Sehingga timbul persepsi kurang baik di masyarakat. Pemahaman ini harus dirubah menjadi yang baik,” tutur Anto yang baru saja merampungkan Jeep Willys bermesin Hybrid V8.

“Caranya, komunitas sebagai wadah perkumpulan harus mampu dan bisa bermanfaat bagi orang banyak. Untuk itu, dalam setiap kegiatan offroad yang dilaksanakan selalu diselingi juga dengan misi kemanusiaan, yakni berbagi dengan sesama,” pesan Putranto.

Nah, dengan atensi besar beliau terhadap otomotif, tak salah jika banyak tawaran menjadi Pembina dan Ketua dalam organisasi. “Hobi juga bisa selaras dengan tugas saya sebagai Prajurit TNI AD,” pungkas Letjen TNI Putranto yang kini berusia 56 tahun. Majulah otomotif nasional.

Narasi : BgVe
Foto : Ist.

Tinggalkan Balasan