RuangOto.com – Pada 27 November 2020, Isuzu Motor Ltd mengadakan kompetisi I-1 Grand Prix.I-1 Grand Prix sebagai ajang kompetisi teknisi Isuzu Global dengan tujuan meningkatkan kemampuan teknik individu dan tim dari masing – masing dealer Isuzu Group. Kompetisi yang biasanya diadakan di Isuzu Manufacturing Service Training Center (MSTC), Fujisawa, Kanagawa, pada tahun 2020 ini harus dilaksanakan secara virtual atau e-competition dikarenakan pandemi Covid19. Hal ini didasarkan semangat Isuzu untuk tetap terus mengembangkan sumber daya manusia dan memberikan apresiasi yang tinggi khususnya kepada mekanik – mekanik terbaiknya melalui kompetisi I-1GP.

Dibandingkan tahun sebelumnya tentu saja sistem perlombaan tahun ini terjadi perubahan. Pada tahun – tahun sebelumnya kompetisi dibedakan antara negara – negara maju dan negara berkembang, sedangkan pada tahun ini kompetisi yang diikuti oleh 44 negara ( 1 negara diwakilkan 2 mekanik) dari seluruh dunia tidak terdapat pemisahan kategori.

Dari Indonesia diwakilkan oleh Engkus Setiadi (Teknisi) dari Astra Isuzu Cirebon dan Rakhmad Bastian (Teknisi) dari dealer Dwijaya Isuzu Mojokerto. Pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, tidak terdapat Coach dari PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), hanya mekanik yang terjun langsung pada kompetisi.

Pada e-competition ini terdapat beberapa jenis kompetisi, yaitu

  1. Technical Knowledge E-Competition, kompetisi kemampuan pengetahuan tentang teknik otomotif
  2. Virtual Diagnosis E-Competition, yaitu kemampuan diagnosa dan problem solving atas trouble yang terjadi pada kendaraan (trouble pada kendaraan disimulasikan dalam bentuk virtual)
    Untuk Kategori kompetisi dibagi menjadi team competition dan individual competition, dimana yang dikompetisikan sama yaitu tehnical knowledge dan virtual diagnosis, perbedaannya, untuk team adalah hasil akumulasi dari kedua technician, sedangkan individual adalan pencapaian nilai tertinggi dari masing – masing teknisi.

Pada hari Jumat, 11 Desember kemarin diumumkan Pemenang dari I-1GP untuk kategori

TEAM

Taiwan

Japan

Phillipines

Egypt

INDONESIA

Guatemala

INDIVIDUAL

Japan

Taiwan

Costa Rica

Phillipines

Taiwan

INDONESIA – atas nama Rakhmad Bastian

Terdapat satu lagi kategori lomba baru yang diadakan pada tahun ini yaitu Supporter Contest, dimana setiap negara diminta untuk membuat video kreatif yang bertemakan dukungan terhadap negara masing – masing yang berlaga di I-1GP, pemenang ditentukan oleh jumlah vote terbanyak selama periode tertentu. Indonesia mendapatkan Juara kedua setelah Bangladesh.

Benny Dwyanto, General Manager Service Divison PT Isuzu Astra Motor Indonesia mengatakan “Persiapan kompetisi I-1GP tahun ini lebih menantang daripada tahun – tahun sebelumnya, karena kita harus beradaptasi dengan cara yang baru. Peserta ditantang untuk terbiasa dengan cara baru via digital, sehingga kemampuan diagnosa dan skill saja tidak mencukupi” beliau juga menambahkan “Pada kompetisi ini, dimana tidak ada pengkategorian negara, maka semua negara memiliki kesempatan yang sama, everybody started from zero”.

Untuk pemilihan peserta pun IAMI harus melakukan adaptasi baru, tahun sebelumnya kami melaksanakan kompetisi yang sama untuk tingkat Nasional, dimana pemenang dari kompetisi ini harus melakukan masa karantina berlatih dan belajar selama 2 bulan. “Pada tahun ini karantina juga dilakukan secara virtual dari dealer masing – masing, yang dipandu oleh pelatih dari IAMI selama 6 minggu untuk selanjutnya diundang ke Training Center IAMI untuk masa pemantapan selama 2 minggu” jelas Fuad Hasyim Training Center Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia

Kemenangan tim mekanik Isuzu Indonesia merupakan bukti kami terus menerus berupaya memberikan pelayanan terbaik di after sales service kami, didukung oleh mekanik – mekanik yang handal, kualitas yang diakui oleh international dan fokus kepada kebutuhan customer dalam perjalanan bisnis customer” ujar Ernando Demily President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *