RuangOto.com – Audi A3 telah hadir di jajaran Audi sejak tahun 1996. Saat itu, awalnya dirilis dengan model hatchback tiga pintu. Mulailah pembuat asal mobil German ini kembali fokus ke segmen mobil kecil. Setelah penghentian Audi 50 pada akhir tahun 1970an di era itu untuk pertama kalinya dari group Volkswagen membuat beberapa varian terbarunya dengan basis chasis platform A yang telah digunakan pada Golf Volkswagen atau seat leon. Tahun 1999, Audi merilis varian A3, versi lima pintu dan varian sedan, namun kedua varian tersebut baru dirilis di tahun 2013.

April 2020, Audi memperkenalkan generasi kedua sedan A3,dengan mengalami perubahan pada exterior dan interior, dan peningkatan tenaga pada dapur pacunya. Serta di tawarkan juga varian hybrid dan penyetelan suspensi untuk meningkatkan kualitas kenyamanan dan keamanan berkendara.
Meskipun generasi A3 sedan terbaru tampaknya mirip tampilan facelift dari model sebelumnya. Namun dipastikan generasi terbaru ini telah mengalami perubahan total, termasuk perubahan pada interior dan exterior.

A3 terbaru ini diklaim lebih panjang, lebih luas dan lebih tinggi dari pendahulunya, meskipun tetap menggunakan platform yang sama. Mobil ini panjangnya 4.500 mm (+40 mm), lebar 1.820 mm (+20 mm), dan tinggi 1.430 mm (+10 mm). Tampilan depan A3 terbaru ini, menggunakan singleframe ukuran besar, dipadukan dengan gril sarang lebah, dan bentuk lampu yang unik ( pada varian tertinggi dilengkapi dengan teknologi matrix LED). Serta pada bagian belakang mengalami sedikit perubahan, dan bentuk lampu belakang, termasuk beberapa lekukan pada pintu bagasi dan bumper. Telah mengalami penyempurnaan pada sektor desainnya.

Pada tampilan samping, terlihat lebih gagah dan tegak dari pendahulunya. Dipadu dengan atap yang landai pada bagian pilar-B dengan efek yang lebih sporti, seperti coupe. Dikawinkan dengan penggunaan spoiler terintegrasi tailgate. Efeknya telah mengalami peningkatan pada sisi aerodinamis 0,04 poin, dan telah mengalami penurunan koefisien drag hingga 0,25.

Bagian depan A3 menampilkan Singleframe besar baru dan dibentuk kembali dengan gril sarang lebah, diapit oleh lampu yang sedikit berbeda (pada versi teratas dapat ditentukan dengan teknologi Matrix LED) dan intake udara yang digambar ulang. Bagian belakang hanya sedikit dimodifikasi, dengan hanya lampu belakang dan beberapa garis pada tutup bagasi dan bemper yang disegarkan.

Sedan A3 terbaru telah dilengkapi dengan fitur – fitur terbarunya, seperti MMI stock 10.1 inci lengkap dengan fitur touchscreen, voice control dan kokpit virtual Audi yang lengkap dengan layar infotaiment ukuran 12.3 inci dan kluster instrument ukuran sama. Terlepas dari fitur–fitur yang ditawarkan, mobil ini dilengkapi Apple car play dan android yang kompatibel. Termasuk sebagai perangkat opsional, ditawarkan juga fitur headup display.

Mengingat ini adalah sebuah kendaraan Audi, tersedia juga fitur bantuan layanan dari Car-to-X produsen mobil,yang menampilkan informasi tentang lokasi yang rawan berbahaya, batas kecepatan, atau dapat membantu mencarikan tempat parker gratis. Aplikasi tersebut dapat dikontrol melalui aplikasi myAudi, dan mulai musim panas 2020 akan terintegrasi dengan analaytic Alexa.

Salah satu mesin yang ditawarkan adalah 1.500 cc untuk ditipe 35 TFSI. Dapur pacu ini dapat menyemburkan tenaga hingga 150 tenaga kuda, dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan atau tujuh percepatan Stronic. Kedua transmisi ini dapat menghasilkna konsumsi bahan bakar 5 liter per 100 km (50 mpg).

Mesin yang terhubung ke transmisi S-tronic tersebut, menggunakan sistem hybrid-ringan 48 volt yang memungkinkan mobil dapat meluncur untuk beberapa km dengan posisi mesin dimatikan, diklaim dapat menghemat bahan bakat hingga 0,4 liter (0,1 galon) per 100 km (62 mil).

Untuk mesin 2,000 cc diesel dapat menghasilkan tenaga hingga 150 tenaga kuda, dengan pencapaian konsumsi bahan bakar hanya 3.9 liter per 100 km
Versi terbaru A3 dilengkapi dengan fitur keselamatan, seperti kantung udara, serta sistem adaptive cruise control atau ADAS, yang dapat mendeteksi jika terjadi benturan dari segala posisi arah dan terkoneksikan melalui tampilan layar kamera, sebagai fitur opsional.

Untuk generasi terbaru, Audi juga telah memberikan perhatian khusus pada sistem suspensi. Suspensi telah disetting ulang untuk memberikan feel berkendara yang lebih sporti dan harmonis. Tersedia dua jenis suspensi sport dan comfort yang berkarakter lembut, serta nyaman.

Sedan Audi A3 terbaru rencananya akan dijual di Eropa pada musim panas 2020.Dan di German dapat mulai dipesan di Akhir April 2020 dan beberapa negara lain di Eropa. Mulai dijual dengan harga 400 jutaan untuk tipe 35 TFSI. Serta varian terendah bensin mulai dijual dengan harga dikisaran 360 jutaan.

Meskipun daya tarik pembeli versi sedan telah menurun secara drastis dalam beberapa tahun terakhir. Namun menurut Audi, penjualan Audi A3 masih tetap bagus, terutama di pasar Eropa.

Tinggalkan Balasan