RuangOto.com – Cross Corolla Hybrid ini diusung oleh tampilannya yang elegan dan kompak. Hal tersebut dapat terlihat dari penggunaan desain grill depan yang besar dan bentuk lampu depan LED beraksen futuristik. Serta desain lampu belakangnya memanjang ke samping bodi , memberikan kesan mewah, serta lebih berkarakter. Mobil ini dirancang oleh Toyota agar dapat memenuhi sisi fungsionalitas, tanpa mengurangi faktor kenyamanannya, kenyamanan dan kenyamanannya. Serta tampil beda dari rivalnya, dan salah satu yang membedakannya ada pada dimensi kap mesinnya terlihat cukup panjang.

Cross Corolla hybrid ditenagai oleh mesin bensin 1.800 kode 2ZR-FBE cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga hingga 97 tenaga kuda, dengan dorongan torsi maksimal 142 newton meter. Dipadu dengan motor listrik menghasilkan tenaga hingga 71 tenaga kuda, dan torsi hingga 163 newton meter. Di kawinkan melalui transmisi CVT yang perpindahannya halus dan bertenaga. Cukup dirasakan, mulai dari putaran bawah hingga atas dorongan akselerasinya terasa sangat responsif. Terutama saat mode power diaktifkan, dirasakan lebih bertenaga pada putaran bawah hingga atas. Meskipun demikian, tak bisa dibilang lambat akselerasinya saat mode ECO diaktifkan. Hanya saja agak disayangkan saat berhenti, transisi dari penggunaan motor listrik ke mesin bensinnya. Getarannya masih agak terasa. Uji  akselerasi memang belum dapat dilakukan, namun pihak Toyota mengkalim waktu yang dibutuhkan dari 0 hingga 100 km/jam hanya 11.8 detik.

Berdasarkan hasil dari dari multi information display, konsumsi bahan bakarnya di dalam kota dapat mencapai hingga 28 kilometer untuk penggunaan 1 liter bensin. Ini dikarenakan pada saat berkendara di kemacetan sistem regenerative braking tersebut dapat menarik energi panas dari penggunaan rem ke motor generator  di mesin untuk melakukan pengisian kembali baterai di motor listrik. Efeknya dapat mengurangi penggunaan mesin bensin, dan lebih memaksimalkan kinerja motor listrik. Secara otomatis penggunaan bahan bakar dapat dikurangi.

Crossover ini menggunakan Toyota new global architecture C-segment (TNGA-C) yang konstruksinya chasisnya sangat rigid. Dikombinasi dengan menggunakan suspensi machpherson pada bagian depan dan torsion beam di bagian belakang. Hasil pengendalian dan kenyamanannya dinilai sangat baik. Saat melintasi permukaan jalan yang bergelombang, bantingannya terasa sangat dewasa, serta gejala limbung nyaris tak timbul. Bobot putaran setirnya juga terasa sangat pas pada setiap kecepatan. Hal yang juga impresif dari mobil ini, adalah kualitas kekedapan kabinnya dinilai sangat baik. Utamanya saat sepenuhnya motor listrik bekerja, ruang kabin cross Corolla hybrid terasa lebih senyap.

Material kabin yang digunakan pada cross corolla sangat berkualitas.  Bahan jok kulit yang digunakan terasa sangat lembut. Dipadu denga posisi duduknya yang ergonomis dan nyaman, membuat terasa lebih asyik mengendarai mobil ini. Tak dipungkiri, cross hybrid ini juga dilengkapi dengan empat airbag, abs dan traction control system, serta cruise control untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Ruang kaki pada bagian depan cukup lapang, meskipun di bagian belakang ruang kakinya tidak terlalu lapang.Ini diduga karena posisi baterai yang diletakkan di bagian bawah dek chasis bawah, yang sedikit mengurangi kelapangan kabin belakang Namun ruang kepala dan bagasi dinilai cukup lapang.

Bagi yang melirik sebuah kendaraan premium crossover, dengan penggunaan bahan bakar minim, fungsional dan nyaman. Tak salah memilih mobil ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *