All New Kia Sorento Kendaraan SUV Besar

RuangOto.com – Kia Sorento telah diproduksi sejak tahun 2002, dan telah menjadi salah satu varian terpenting di jajaran produk Kia. Serta Kia juga menawarkan produk- produknya SUV yang lain, seperti Stonic, Sportage dan baru – baru ini baru saja diluncurkan varian Telluride dan Seltos.

Pada bukan Maret 2020, Kia memperkenalkan generasi keempat Kia Sorento. Mobil ini dibangun dengan menggunakan platform terbarunya untuk pertama kalinya, yang juga sudah dilengkapi dengan varian hibrida.
Dengan menggunakan platform terbaru dan teknologi hibrida ini, Kia mengklaim akan sulit bagi rival – rivalnya untuk menandingi Kia Sorento terbaru ini.

Kia Sorento terbaru juga telah mengalami perubahan pada sektor dimensinya dari pendahulunya. Sorento teranyar ini, 10 mm lebih lebar dan lebih panjang 10 mm. Lebar SUV besar telah mengalami peningkatan hingga 1.900 mm, panjang 4.810 mm dan tinggi 1.695 mm. Efek dari dimensi baru, proporsi kendaraan telah dirubah total, pilar A ditarik kembali dari poros depan hingga 30 mm, dan pada pilar C juga telah mengalami perubahan.

Sebagai salah satu produk tercanggih di produk Kia, All New Sorento ini telah dilengkapi dengan fitur otonom. SUV ini dilengkapi dengan sistem komputerisasi yang berfungsi untuk menghindari tabrakan di depan mobil ( pengedara motor, pengedara sepeda, dan pejalan kaki. Sorento ini juga sudah dilengkapi dengan monitor blind spot, yang fungsinya untuk mengatur batas kecepatan dan memastikan mobil melaju jalurnya.

Untuk fitur keamanannya, sudah dilengkapi dengan tujuh kantung udara, termasuk tirai dan bagian depan tengah.Jenis kantung udara terakhir ini, relatif masih baru, dan telah digunakan di Hyundai Genesis G80 terbaru.

Pengembangan dari fitur tersebut, untuk meminimalkan cedera pada penumpang dan pengemudi saat terjadi kecelakaan.
Impresi pertama dari tampilan Sorento terbaru ini, terlihat lebih kotak dibandingkan sebelumnya.

Pada bagian depan, juga telah dilengkapi juga dengan fitur lampu DRL LED, serta intake udara ukuran persegi panjang dan lubang kisi –kisinya yang lebih besar. Untuk pada bagian bumper depan, juga sudah dilengkapi dengan skip plate, untuk melindungi bagian mesin dari benturan – benturan yang keras.

Pada bagian belakang, untuk pertama kalinya dengan huruf tebal pada logo Sorento, seperti juga pada Kia Telluride dan Proceed. Spoiler juga telah menyatu dengan pintu bagasi untuk menyembunyikan wiper belakang.
Sorento terbaru tersedia 10 pilihan warna, dan ukuran roda mulai dari 17 inci hingga 20 inci. Untuk pertama kalinya pada varian Sorento.

Perubahan pada bagian eksterior dilakukan agar dapat menghasilkan ruang interior yang lebih lapang bagi penumpang dan bagasi. Sorento hadir dalam konfigurasi tujuh penumpang, yang dilengkapi dengan tempat duduk di baris ketiga. Di baris ketiga, Kia mengkalim telah mengalami ruang tempat duduk hingga 32 percent, serta ruang bagasi hingga 187 liter.

Meskipun Kia bukan dikenal sebagai pembuat mobil mewah, tetapi seluruh joknya dibalut dengan kulit berkualitas, serta pembeli mobil ini dapat memilih warna joknya, hitam atau abu –abu . Jenis kulit yang digunakan Nappa kulit, yang bermotif lembut.

Pada Sorento ini, Kia juga melengkapinya dengan fitur headunit ukuran 8 inci, dipadu dengan cluster instrument digital 12.3 inci dan layar infotaiment 10.25 inci, serta fitur opisional head up display.

Sorento baru hadir dengan Apple CarPlay dan kompatibilitas Android Auto. Yang dapat terkoneksikan ke Bluetooth, serta lengkap dengan dua soket pengisian daya USB dan socket charger untuk mengisi baterai ponsel, yang terletak di bagian konsol tengah. Sorento juga dilengkapi dengan sistem telematikan UVO connect, yang dapat menampilkan informasi lalu lintas, ramalan cuaca, dan tempat – tempat menarik yang dapat dikunjungi.

Saat diluncurkan, Sorento baru tersedia dengan dua opsi mesin, yaitu hibrida dan diesel. Hibrida plug-in akan bergabung dalam rentang tersebut pada tahun 2020.

Untuk varian diesel menggunakan transmisi kopling ganda basah 8 percepatan, mesin 2.200 ini dapat menghasilkan ini dapat menghasilkan tenaga hingga 202 tenaga kuda, dengan torsi maksimal 440 newton meter.
Diesel adalah 2.2-liter dari keluarga Smartstream. Dipasangkan dengan transmisi kopling ganda basah delapan percepatan, torsi ini mencapai 202 ps dan torsi 440 Nm.

Pada varian hibrida dengan baterai listrik lithium ion 1.49 kwh dan motor listrik 44.2 kwh (59 tenaga kuda). Jika dipadukan mesin 1.600 cc ini dengan sistem hibrida, total tenaga yang dihasilkan dapat mencapai hingga 230 tenaga kuda, dengan torsi maksimal 350 newton meter.

Sejak diperkenalkan pada tahun 2002, Kia Sorento telah terjual lebih dari tiga juta unit. 10 persen dari angka penjualan tersebut dikuasai pasar Eropa. Untuk pasar Eropa, Sorento dirakit di Hwasung, Korea.Sedangkan untuk pasar Amerika Serikat, assembly di West Point, Georgia.

Tinggalkan Balasan