RuangOto.com – Yamaha Motor Indonesia telah melakukan sedikit perubahan pada varian Yamaha Aerox 155 2021. Meskipun dimensi tetap sama dari sebelumnya. Namun beberapa perubahannya di bagian kosmetiknya, salah satunya ada pada lampu depannya yang telah menggunakan LED, untuk meningkatkan kualitas pencahayaannya, serta memberikan akses lebih elegan. Dipadu dengan penempalan sticker berwarna emas dibagian samping bodinya, untuk memberikan aksen lebih mewah.

Untuk meningkatkan kenyamanan riding, Aerox teranyar ini juga telah dilengkapi dengan comfortable tandem seat, new full digital speedometer, tachometer, smart key system, electric power socket dan juga fitur rekomendasi perawatan, serta notifikasi telepon, E-Mail dan pesan. Bahkan Aerox ini juga telah memiliki fitur khusus, yang belum ada pada rivalnya, yaitu fitur lokasi parkir. Fitur tersebut dapat menyimpan lokasi parkir motor unpair dengan smartphone.

Mesin yang digunakan pada Aerox, berkapasitas 155 c 1 silinder liquid 4 stoke SOHC. Tenaga yang dihasilkannya dapat menyemburkan hingga 16 tenaga kuda pada putaran 8.000 rpm, dengan dorongan torsi maksimal 13.9 newton meter di putaran 6.500 rpm. Meskipun Yamaha mengklaim belum melakukan perubahan pada mesin tersebu. Aerox diusung dengan teknologi VVA(Variable Valve Actuation), fungsinya untuk menjaga agar torsi tetap maksimum disetiap putaran mesin.

Namun sejujurnya yang dirasakan dari sebelumnya, tarikannya terasa lebih responsif, baik dari mulai putaran bawah hingga atas. Performa yang dinilai cukup baik untuk dikelasnya ini, juga dipadu dengan getaran transmisi CVTnya nyaris tak terasa. Efek dari keterbatasan waktu saat menguji coba Aerox. Maka uji konsumsi bahan bakar belum dapat dilakukan. Namun Yamaha mengklaim, untuk penggunaan dalam kota, Aerox dapat menghasilkan hingga 1 liter dapat ditempuh hingga 45 km.

Di sektor pengendalian telah mengalami perubahan yang cukup siginifikan. Ini dikarenakan, Aerox terbaru telah menggunakan suspensi belakang dengan teknologi twin sub tank. Jenis suspensi ini dapat menghasilkan bantingan yang lembut, namun tetap dewasa ayunannya, dan tak terasa limbung, sekalipun menikung di kecepatan atas 60 km. Yamaha juga telah memadukan dengan menggunakan ban belakang superwide, berukuran 140/70/14. Efeknya saat diuji coba, gripnya juga sangat baik saat melintasi permukaan yang agak berpasir dan licin. Aerox tipe teratas, juga sudah dilengkapi Anti Lock Brake System, dan kualitas pengereman cukup responsif untuk dikelasnya.

Untuk posisi duduk cukup nyaman, karena telah dilengkapi dengan Comfortable tandem seat, dan tombol –tombol pada bagian stangnya juga mudah dioperasikan. Hanya saja agak disayangkan ruang kaki pada bagian pengemudi terbilang sempit. Efeknya dapat membuat perjalanan jauh agak kurang nyaman.

Bagi yang melirik sebuah Motor matic dengan harga terjangkau, dan mengedepankan kenyamanan dan performa.Tak salah lagi untuk memiliki motor ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *