40 Tahun BMW GS, Historikal Kesuksesan Berlanjut

RuangOto.com – Tanpa terasa, lini model BMW GS telah mendunia selama 40 tahun. Ribuan pengguna BMW GS dari berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, sudah merasakan sisi kedekatannya bersama saat berpetualang.

Pada peringatan 40 tahun eksistensi BMW GS ini dijadikan momen istimewa, dengan meluncurkan varian khusus, diantaranya BMW G 310 GS, BMW R 1250 GS dan BMW R 1250 GS Adventure.

Emblem ’40 Year GS’ tersemat pada ketiga model penyegaran ini. Dengan begitu, model edisi khusus 40 tahun BMW GS kini tersedia lengkap di semua lini, mulai dari G 310 GS, F 750 GS, F 850 GS, F 850 GSA, R 1250 GS, hingga R 1250 GS Adventure.

Untuk BMW G 310 GS edisi 40 Years GS, BMW Motorrad menyusupkan pengalaman baru dalam segmen kubikasi mesin di bawah 500 cc kepada para konsumen pemula di dunia.

Tampilan kompak, kokoh, dan dinamis dipadukan dengan desain multifungsi, BMW Motorrad ingin agar aura khas varian GS tetap tersematkan pada G 310 GS terbaru ini.

Konsentrasi BMW Motorrad untuk mempertahankan aura khas GS difokuskan pada sektor tampilan, serta kehandalannya di jalan-jalan perkotaan maupun saat melahap medan offroad ringan.

Berbasiskan pada tampilan model histori sejarah BMW GS yakni R 100 GS, sosok G 310 GS edisi khusus ini terlihat dari windshield yang khas, spakbor tinggi, flyline mencolok dan pendek, serta buritan didesain tinggi.

Kemudian, lampu utama dan belakang yang telah disusupi teknologi LED, untuk memberikan visibilitas mumpuni, terutama di malam hari Plus lampu sein dengan LED juga.

Tiga mode pencahayaan dipasangkan, mulai dari low beam, high beam dan tergantung masing-masing negara, fungsi lampu daytime running lights (DRL) pun dapat diaktifkan pada tombol di sisi kiri setang.

Untuk memberikan kenyamanan kepada pengendaranya, terutama yang memiliki tangan yang kecil, tuas kopling dan rem kini dapat disetel dalam empat tahap.

Selain ubahan di atas, konsep warna baru juga menjadi arah terbaik bagi BMW Motorrad dalam memberikan sesuatu yang berbeda dari G 310 GS varian khusus ini.

Kesamaan dari ketiga varian warna yang tersedia terdapat pada alternator, bak kopling dan water pump, yang kini dilaburi kelir abu-abu titanium metalik.

Untuk warna khas GS berkelir putih dengan kelir dasar polos polar white dan panel samping tangki berwarna abu-abu, BMW G 310 GS terbaru ini memiliki tampilan sporty ala Rallye style.

Sedangkan pada varian 40 Year Edition, tampil dengan warna hitam dan kuning plus grafis kosmik yang juga berwarna hitam serta kuning pada panel samping tangki bbm.

 Rangka teralis yang dilabur warna merah dan biru Kyanit metalik untuk penutup tengah tangki dan bagian depan, menonjolkan kesan off-road nan kental.

BMW G 310 GS edisi 40 Year ini masih dibekali mesin satu silinder berpendingin cairan 313 cc, dan 4 katup DOHC. Konfigurasi ini menghasilkan tenaga 34 hp dengan torsi puncak 28 Nm pada putaran 7.500 rpm.

Selain itu, mesinnya telah dilengkapi dengan apa yang disebut “grip throttle elektronik” (pengontrol throttle elektromotif) dan sekarang menawarkan respons throttle yang lebih sensitif.

Istimewanya, mesin tersebut kini telah berstandarisasi EURO 5. Dengan begitu, BMW G 310 GS edisi 40 Year dapat dipasarkan di penjuru dunia, yang telah menerapkan homologasi EURO 5.

Tinggalkan Balasan