RuangOto.comSatu tahun dan satu hari setelah diluncurkan di Malaysia, Proton X70 pertama yang akan dibangun di perpanjangan pabrik baru senilai RM1,2 miliar PROTON di Tanjung Malim telah memulai jalur produksi di depan pengenalan pasar yang diantisipasi. Di antara para pejabat tinggi yang hadir di acara tersebut adalah YB Datuk Darell Leiking, Menteri Perdagangan dan Industri Internasional, Dato ’Sri Syed Faisal Albar, Ketua PROTON, Bpk. An Conghui, Presiden dan CEO Geely Auto Group serta anggota manajemen senior PROTON.

Produksi dimulai tepat waktu

Ketika Proton X70 diluncurkan pada 12 Desember 2018, PROTON berkomitmen untuk memulai produksi di Tanjung Malim pada akhir 2019. Dengan secara resmi meluncurkan mobil pada 13 Desember 2019, Perusahaan telah memenuhi komitmennya.

SUV premium segmen C terlaris di Malaysia disatukan dalam perpanjangan pabrik mutakhir di Tanjung Malim yang dibangun dalam waktu singkat dengan biaya RM1,2 miliar. Pada saat yang sama, PROTON bekerja sama dengan vendor lokal dan luar negeri untuk memastikan rantai pasokan untuk suku cadang yang diperlukan untuk membangun SUV pertamanya, akan ada ketika aktivitas produksi dimulai.

“Hari ini menandai tonggak sejarah bersejarah bagi PROTON karena kami mengambil langkah lain untuk menjadi merek otomotif global. Dengan memproduksi Proton X70 di Tanjung Malim, kami telah mengambil lompatan kuantum dalam kemampuan kami karena sejauh ini merupakan upaya kami yang paling ambisius hingga saat ini. Pabrik baru ini tidak hanya akan menghasilkan produk masa depan yang dikembangkan bersama dengan Geely tetapi juga akan menjadi pusat produksi drive kanan saat kami mulai mengekspor ke negara-negara di seluruh dunia, ”kata Dato Sri Sri Syed Faisal Albar.
Berbicara selama acara tersebut, Bapak An Conghui berkomentar tentang posisi PROTON dalam Geely Auto Group sebagai mitra berharga untuk meningkatkan penjualan di pasar ASEAN.

“PROTON telah mengalami transformasi luar biasa selama dua tahun terakhir. Pengalaman ini telah bekerja sangat baik bagi kami di Geely Auto karena kami senang membantu PROTON mewujudkan aspirasi globalnya. Kami akan terus mendukung PROTON seiring pertumbuhannya di pasar Malaysia dan di kawasan ASEAN yang lebih luas dan lebih luas, ”tambahnya.

Mengembangkan sistem eco vendor

Dengan memulai produksi Proton X70 di Tanjung Malim, PROTON juga secara tidak resmi memicu perkembangan baru dalam ekosistem vendor otomotif Malaysia. Dalam persiapan untuk dimulainya kegiatan manufaktur, PROTON bekerja erat dengan vendor lokal untuk mencocokkannya dengan perusahaan lain yang sudah memasok komponen untuk SUV.

Upaya ini telah menghasilkan 7 usaha patungan baru yang dibentuk ketika perusahaan lokal dan asing memulai kemitraan yang berbasis di Malaysia untuk berbagi kompetensi dan sumber daya produksi. Kesepakatan lain yang dicapai oleh upaya ini termasuk perjanjian teknis dan investasi asing langsung, menghasilkan total investasi RM263 juta dan penciptaan 1.084 pekerjaan saat komunitas vendor bersiap untuk membuat pipa komponen teknologi tinggi untuk Proton X70 dan model masa depan.
“Dengan berkomitmen untuk memproduksi Proton X70 dan model masa depan di Tanjung Malim, PROTON telah membantu mengembangkan komunitas vendor. Ini sangat penting karena vendor adalah jangkar untuk industri otomotif Malaysia dan merupakan kontributor utama bagi perekonomian. Pengenalan teknologi baru akan membantu mengembangkan kompetensi industri dan ke depan, pemerintah berharap ini akan memungkinkan Malaysia untuk menembus pasar global dan menjadi pemimpin dalam penyediaan komponen otomotif, ”kata Datuk Darell Leiking.

“Untuk PROTON, basis pemasok lokal akan membantu mereka mengembangkan model masa depan yang lebih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pembeli mobil Malaysia. Dengan rencana ekspansi bisnis yang agresif di masa depan dan komitmen mereka untuk mengembangkan vendor lokal, lebih banyak perusahaan dan konsumen Malaysia akan segera mendapatkan manfaat secara keseluruhan, ”tambahnya.

Tentang PROTON

PROTON Holdings Bhd dimulai sebagai proyek mobil nasional pertama Malaysia, yang didirikan dengan tujuan untuk mempercepat pembangunan ekonomi Malaysia dan meletakkan dasar bagi industri otomotif lokal. Pada 2017, PROTON memasuki fase berikutnya untuk menjadi merek otomotif modern dan global; melalui kemitraan antara dua prinsipalnya, DRB-HICOM dan Zhejiang Geely Holding Group. Saat ini, PROTON terus memuaskan para pelanggannya dengan mobil yang dilabuhkan pada janji mereknya atas Inspiring Connections, dan didirikan pada nilai-nilai intinya yaitu selalu menghadirkan Teknologi Inovatif, Keandalan, dan standar Internasional.

Penulis : Komar Johari

Tinggalkan Balasan