Tips Menjaga Agar Umur Pemakaian Sabuk Pengaman Bisa Lebih Panjang  

RuangOto.com – Sabuk pengaman adalah salah satu fitur keamanan terpenting di mobil Anda yang patut dirawat agar tingkat keamanan Anda berkendara bisa terjaga, serta memperpanjang umur pemakaiannya. Untuk mencegah kerusakan di sabuk pengaman tersebut harus dilakukan dengan perawatan yang benar, seperti menggunakan bahan pembersih yang salah atau tidak berkualitas. Nah ikuti tips berikut agar perawatan bisa lebih optimal.

Hindari merokok di mobil. 

Percikan api yang jatuh dapat melubangi permukaan sabuk pengaman mobil Anda. Dan jika ini sudah terjadi dengan sabuk pengaman Anda, maka sepertinya tidak bisa diperbaiki kembali dan harus diganti dengan yang baru. Sebaiknya merokok sebelum masuk ke dalam mobil Anda. Ataupun jika gairah untuk merokok sudah tidak bisa lagi dikendalikan, maka bukalah jendela Anda sambil memegang rokok di luar jendela mobil Anda untuk menghindari terjadinya hal tersebut. 

Gunakan bahan pembersih untuk Vinyl.

Untuk membersihkan sabuk pengaman sebaiknya Anda membeli bahan pembersih untuk vinyl seperti STP atau armor gard. Dengan menggunakan obat pembersih, maka ini akan mengurangi kelembaban di sekitar permukaan sabuk pengaman mobil Anda, serta melindungi dari sengatan matahari yang dapat menimbulkan keretakan di permukaan sabuk pengaman setelah di gunakan beberapa tahun.

Setelah dipakai kembalikan lagi dalam keadaan semula.

Biasakan selalu setelah sabuk pengaman Anda digunakan, kembalikan lagi dalam keadaan semula. Ini untuk menghindari posisi sabuk pengaman tertekuk yang dapat mengurangi elastisitas dari penggunaan sabuk pengaman itu sendiri. Tanda dari sebuah sabuk pengaman yang sudah tidak lagi layak untuk dipakai,adalah pada saat sudah digunakan posisinya tidak mau kembali lagi dalam keadaan tegak dan rapih.   

Lumasi pengunci sabuk pengaman.

Setiap dua bulan, lakukan pelumasan untuk pengunci sabuk pengaman di samping tempat duduk depan dan belakang. Ini untuk mencegah terjadinya karat di dalamnya, jika ini terjadi maka pengucian sabuk pengaman menjadi kurang optimal, yang dapat dapat membahayakan keamanan berkendara.  

Jika ada kotoran bersihkan segera.  

Bersihkan segera dengan kain halus jika terkena kotoran atau tertumpah minuman. Karena semakin lama Anda tidak cepat membersihkannya, semakin susah untuk dibersihkannya. (Atalla)

Tinggalkan Balasan