RuangOto.com – Sejalan dengan kehadiran generasi terbaru kompetitor, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) segera memoles sosok Mitsubishi New Expander melalui penyegaran pada  tampilan aspek eksterior, interior dan pembenahan pada  sektor suspensi dan transmisi. Konsumen pun dapat merasakan Xpander terbaru dengan penyempurnaan yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Secara langsung, penyegaran tersebut bisa dirasakan melalui tampilan eksterior yang kini semakin elegan dan sporty. Terlihat desain grill model baru yang terpisah menjadi dua bagian  dengan motif bar (atas) dan motif honeycomb (bawah) sehingga menegaskan kesan maskulin dan gagah. Sedangkan  bemper diperbaharui dengan tampilan yang lebih sporty beserta lampu kabut. Selanjutnya lampu kini menganut desain T-Shape dan didukung teknologi LED yang lebih terang namun hemat listrik.

Beralih ke samping, velg  jenis alloy berukuran 17 inci tampil dengan desain  baru yang lebih  dinamis dan sporty. Berlanjut ke fascia belakang yang kini menampilkan tata letak baru disertai lampu belakang model T-Shape yang semakin memikat dan semakin terang sehingga meningkatkan aspek keselamatan selama perjalanan. Semuanya  memperkuat aura  kemewahan sehingga New Xpander terlihat lebih berkelas.  

Sama seperti sebelumnya, MMKSI selaku APM Mitsubishi di Indonesia tetap mengandalkan mesin 4A91, 4 silinder DOHC 16 katup. Mesin ini   menghasilkan tenaga sebesar 104 hp/6.000 rpm disertai  torsi maksimal 141 Nm/4.000 rpm. Berbeda dibandingkan sebelumnya, New Xpander kini tersedia dengan pilihan  transmisi CVT yang menggantikan  transmisi otomatis 4-speed konvensional. Sedangkan varian manual tetap memakai tipe 5-speed. Penerapan CVT generasi terbaru menghasilkan akselerasi yang kuat dan responsif  mulai putaran bawah hingga atas. Selain itu, penggunaan CVT memberikan kenyamanan karena lebih halus daripada transmisi otomatis konvensional. Kini New Expander dapat memangkas catatan waktu akselerasi 0-100 km/jam  dari 13,8 detik menjadi 11,9 detik. Pada sisi lain,  New Xpander dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 180 km/jam.

Secara keseluruhan, perubahan cukup signifikan yang dihadirkan oleh MMKSI pada New Expander dibanding  Xpander sebelumnya terletak pada  aspek kenyamanan. Dari sisi teknis, tim engineering Mitsubishi melalukan pembenahan pada sektor suspensi. Kalau Xpander versi lama sudah nyaman  suspensinya, maka New Xpander menghasilkan peredaman suspensi yang lebih baik  tanpa mengorbankan sisi kepresisian pengendalian. Selain itu, kekedapan kabin juga dinilai lebih baik daripada sebelumnya. Tidak lupa bobot putaran kemudi juga terasa lebih mantap. Untuk meningkatkan sisi kestabilan, kini New expander  dilengkapi dengan active stability control yang mencegah terjadinya selip pada setiap roda.

Pada sisi lain, posisi duduk terasa ergonomis apalagi kursi dibalut dengan lapisan material yang berkualitas. Sedangkan ruang kaki bagi penumpang kursi depan, tengah hingga  belakang  terasa lapang. Dari sisi  pengemudi, tombol-tombol di sekitar dashboard mudah dijangkau dan dioperasikan sehingga meningkatkan aspek ergonomika.  Kesimpulannya, bagi yang sedang mencari  sebuah  MPV kompak dengan nilai jual unggulan dalam hal  kepraktisan  tanpa mengorbankan sisi performa dan aspek kenyamanan, inilah pilihan kendaraan yang tepat.

Spesifikasi Mitsubishi Xpander 2022

Mesin

Tipe                  4A91 MIVEC DOHC 16 katup  

Kapasitas              1.499 cc

Bore x Stroke            75 mm x 84,8 mm

Tenaga              105 PS @ 6.000 rpm

Torsi                  141 Nm @ 4.000 rpm

Transmisi            CVT dan manual 5-speed  

Sistem Penggerak        penggerak roda depan (Front Wheel Drive)

 

Dimensi  

Panjang x Lebar x Tinggi    4.595 x 1.750 x 1.750 mm

Jarak Sumbu Roda        2.775 mm

Ground Clearance        225 mm

Kapasitas Tangki bensin       45 liter

Sasis  

Suspensi Depan     MacPherson Strut

Suspensi belakang      Torsion Beam

Rem Depan        cakram ventilasi  

Rem Belakang        tromol  

Sistem Kemudi     Rack And Pinion, Electronic Power Steering, 

Ban              205/55 R17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.