ruan

Enea Bastianini dan Ducati Lenovo Team Meraih Kemenangan Ganda yang Menakjubkan di Silverstone. Francesco Bagnaia Juga Naik Podium di Posisi Ketiga

RuangOto.com – Tim Ducati Lenovo menjadi protagonis mutlak dalam balapan luar biasa pada Monster Energy British Grand Prix, dengan Enea Bastianini kembali ke podium – setelah kemenangan di balapan sprint kemarin – berkat penampilan luar biasa dalam balapan 20 putaran di Silverstone, kemenangan perdananya musim ini pada balapan hari Minggu. Francesco Bagnaia melintasi garis finish pada urutan ketiga setelah memimpin lebih dari setengah balapan.

Bastianini memulai dengan baik dari posisi ketiga di grid kemudian berada di posisi kedua pada tikungan pertama. Dua putaran pembukaan tidak begitu baik bagi pebalap Ducati #23, yang membuat beberapa kesalahan sehingga ia kehilangan dua posisi. Seiring berjalannya balapan, Enea berhasil menemukan keselarasan yang tepat dengan mesin Desmosedici GP-nya saat dia menyalip Aleix Espargaró sebelum mengejar duo terdepan Martín dan Bagnaia. Dengan tujuh putaran tersisa, Bastianini memanfaatkan kesalahan kecil dari rekannya dan naik ke posisi kedua, dengan jarak satu detik ke depan. Berkat kecepatan yang tak tertandingi di tahap akhir, dia berhasil mengejar rivalnya dan memimpin pada putaran kedua terakhir – akhirnya melintasi garis dengan margin 1,9 detik. Ini adalah kemenangan ganda pertama Bastianini, dalam peringatan 75 tahun MotoGP.

Bagnaia menikmati start yang sempurna dan memimpin saat lapangan MotoGP memasuki tikungan pertama. Juara dunia bertahan tersebut  mempertahankan posisi pertama hingga sembilan putaran terakhir namun dua putaran kemudian, dia juga disalip oleh rekannya. Di tahap akhir, dia tidak bisa mempertahankan performa baik yang ditunjukkan di paruh pertama balapan karena masalah grip. Meski begitu, Pecco berhasil mengatur situasi dan menyelesaikan balapan di posisi ketiga.

Dengan Grand Prix kesepuluh musim ini mendekati akhir, Bagnaia saat ini berada di posisi kedua dalam klasemen kejuaraan, tiga poin di belakang Martín. Bastianini mengokohkan posisi ketiga dan memperkecil jarak ke puncak menjadi 49 poin. Ducati kokoh di puncak klasemen pabrikan dengan 352 poin, dengan Tim Ducati Lenovo memimpin klasemen tim (430 poin).

Tim Ducati Lenovo akan kembali beraksi dalam dua minggu di Spielberg, Austria, untuk acara kesebelas musim MotoGP 2024.

Enea Bastianini (#23 Ducati Lenovo Team) – 1st

“Itu adalah balapan yang sulit, karena saya membuat beberapa kesalahan dalam dua putaran pertama dan kehilangan beberapa posisi. Kemudian, saya berhasil menemukan kepercayaan diri yang tepat untuk kembali ke grup terdepan: pertama-tama saya memperkecil jarak ke Aleix (Espargaró), yang tidak mudah untuk dilewati, dan kemudian ke Pecco. Dalam empat-lima putaran terakhir, Jorge melaju kencang dan tidak mudah untuk mengejarnya. Ini adalah perasaan yang luar biasa untuk kembali ke puncak podium dalam balapan hari Minggu. Saya sudah bekerja keras pada diri saya sendiri: saya menganalisis paruh pertama balapan – hal-hal positif dan negatifnya. Secara umum, sampai sekarang kecepatan saya tinggi, tetapi jelas kinerja kualifikasi pasti memiliki dampak negatif dalam banyak kesempatan. Saya mencoba menguatkan mental untuk menghindari terjebak dalam ketidaksiapan pada situasi ini, dan saya berharap bisa melanjutkan seperti ini.”

Francesco Bagnaia (#1 Ducati Lenovo Team) – 3rd

“Saya puas karena setelah kecelakaan kemarin, penting untuk menyelesaikan balapan. Itu tidak mudah: saya awalnya memimpin dan mencoba mengatur balapan sebaik mungkin tetapi sayangnya, karena saya tidak bisa mendorong sekuat yang saya inginkan dengan ban depan, saya harus lebih banyak menggunakan ban belakang untuk mengarahkan motor. Ini menyebabkan beberapa kesulitan di akhir balapan. Ketika Martín menyalip, saya mencoba untuk tetap bersamanya tetapi saya hampir terjatuh di tikungan tujuh; saat itulah saya berpikir bahwa, setelah kecelakaan kemarin, lebih baik menyelesaikan balapan sampai garis finis. Ini jelas bahwa Enea, yang sudah unggul sejak Jumat, sangat sulit untuk dikalahkan, karena dia dikenal sangat cepat di bagian akhir balapan – dan dia menunjukkan itu hari ini.”

Luigi Dall’Igna (Manajer Umum Ducati Corse)

“Semua pebalap melakukan balapan yang fantastis dan hari ini adalah Minggu yang sangat mendebarkan. Pertarungan di trek sangat luar biasa dan saya sangat senang untuk Enea, yang berhasil meraih kemenangan balapan hari Minggu pertamanya musim ini. Kecepatannya di putaran akhir tidak tertandingi, yang menunjukkan dia juga tampil baik di kualifikasi, dia bisa bersaing untuk menang di setiap kesempatan. Pecco melakukan pekerjaan dengan baik dalam membawa pulang hasil yang baik meskipun ada masalah grip yang dihadapi di akhir dan berhasil tetap dekat dengan puncak klasemen kejuaraan dalam prosesnya. Dalam dua minggu akan ada kesempatan lain untuk tampil baik di Austria, di trek di mana tim teknis kami selalu kompetitif.”

 

Iklan